Blog number one in desa

Niki Salah Sawijining BLOG kang Di nduweni cah ndeso,sing bocahe wonten sekolah teng" MA.BUSTANUL ULUM"

Senin, 29 November 2010

Menggabung dua objek simetris dengan CorelDraw

Tutorial Desain Ilmu Grafis Menggabung dua objek simetris dgn CorelDraw biasa dilakukan saat membuat logo, pattern, ornament undangan pernikahan & objek desain lainnya. Bahkan teknik ini mejadi andalan para profesional untuk membuat karya desain. Teknik menggabung ini juga sering menjadi hambatan ketika tidak dilakukan secara sesuai, biasanya menggunakan weld atau combine. Nah disini saya akan menjelaskan bagaimana kedua tool coreldraw ini bekerja.

Weld
Dalam arti bahasa indonesia (bukan harfiah) berarti melekatkan, seperti halnya di las pada dua objek metal.
Combine
Berarti dikombinasikan yang nantinya jika ada ruang isi yang tertimpa akan membentuk ruang kosong. Secara mudah akan saya tampilkan pada gambar berikut
Nah, pada suatu ketika kita membuat dua objek simetris untuk pemanis atau hiasan desain, kita membutuhkan dua tool berikut untuk menggabung. Loh, pertanyaan yang sering ada kenapa tidak digunakan group (CTRL+G) saja. Ini sebenarnya berkaitan dengan pemnafaatan memori dan olah prosesor saja. Kita bisa bandingkan jika di group akan dialokasikan memori komputer yang lebih banyak daripada digabung dengan dua tool diatas. Pun begitu, pada opsi garis, objek tergabung tidak akan bisa diwarnai dengan warna FILL.
TUTORIAL CORELDRAW
Anda bisa buktikan hal ini ketika membuat pattern seperti pada artikel berikut.
1. Selanjutnya untuk membuat dua objek simetris kita bisa menggunakan Bezier Tool. Buat menurut pola yang Anda sukai, buat hanya bagian kiri atau kanan saja. Kemudian potong menggunakan trim via rectangular shape.
TUTORIAL CORELDRAW
2. Duplikat objek yang sudah terpotong tersebut, dengan cara pilih dengan pick tool. Pada sisi point kiri gerakkan ke arah kanan sambil menekan tombol control agar objek simetris, akhiri dengan klik kanan agar tercipta duplikat objek sebelumnya.
TUTORIAL CORELDRAW
3. Sekarang kita akan menggunakan WELD agar objek bisa diwarnai dan menjadi satu bagian. Seleksi dua objek yang sudah diduplikat, lalu klik tool WELD pada property bar.
TUTORIAL CORELDRAW
4. Teknik ini, seperti yang sudah saya jelaskan diatas – sering kali digunakan untuk membuat pattern dan ornaments.
TUTORIAL CORELDRAW

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar