Blog number one in desa

Niki Salah Sawijining BLOG kang Di nduweni cah ndeso,sing bocahe wonten sekolah teng" MA.BUSTANUL ULUM"

Jumat, 22 Oktober 2010

Unsur dalam diri manusia, jin, malaikat dan hewan

 Pada tulisan sebelumnya telah diuraikan bahwa manusia ini punya jasad, akal , roh dan nafsu. Bagaimana dengan makhluk-makhluk lain di dunia? Berikut ini uraian singkatnya.

malaikat manusia jin hewan jasad roh akal nafsu

Penjelasan

  • Malaikat ada roh dan akal, tapi tidak ada nafsu. Malaikat adalah mukalaf yang taat, patuh dan tidak pernah ingkar. Demikian disebutkan di At-Tahrim:6 " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
  • Manusia ada roh , nafsu dan akal. Jika hatinya (roh) diasuh, dididik dan dibersihkan, maka akan menjadi manusia berwatak malaikat yang berwujud manusia. Jika tidak diasuh & dididik hatinya, maka akan berwatak binatang atau syaitan dengan wujud manusia.
  • Jin sama dengan manusia, ada roh, nafsu dan akal, serta mukalaf.
  • Hewan ada roh, ada nafsu tapi tidak ada akal, dan tidak mukalaf. Tidak ada pertanggung jawaban syariat. Bila mati jadi tanah, tidak ke syurga tidak ke neraka.

Catatan

  • Mukalaf adalah orang yang bertanggungjawab dengan kewajiban dan perintah untuk menjalankan hukum tuntutan agama Islam serta menjauhi larangan-Nya atas dasar orang tersebut sudah mencapai usia dewasa dan mempunyai akal (akil baligh) serta telah sampai seruan agama (Syariat Islam) kepadanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar